Sepenggal Cerita Tentang Keutamaan Surat al-Waqi’ah

SETELAH selesai nyantri saya dapat tawaran mengajar di pesantren. Saya mengajar di tingkat bawah dan bagian laboratorium bahasa, bahkan sempat dipromosikan menjadi kepala sekolah di pesantren tersebut. Namun dikarenakan sifat manusia itu tidak sama dan selalu saja ada yang tidak suka atas prestasi-prestasi yang saya raih, saya diisukan dengan sesuatu yang kotor dan tidak terpuji. Saya dijelek-jelekkan, sehingga membuat pimpinan sedikit menjauh dari saya. Karena melihat situasi dan kondisi yang tidak kondusif, akhirnya saya pilih mengundurkan diri dari pesantren. Meskipun waktu itu gaji yang saya terima Rp 2 juta, tapi bila suasana seperti itu membuat saya tak betah.

Saya menganggur selama tiga bulan. Saya di rumah hanya mengisi waktu dengan aktivitas yang bisa meningkatkan kualitas spiritual dan intelekual atau pemahaman Islam. Pada masa-masa nganggur itu saya mengamalkan pesan guru saya, almarhum Habib Ahmad Al-Habsyi, bahwa bila kita berada dalam keadaan tedesak dan benar-benar membutuhkan uang, bermunajatlah pada Allah dengan membaca Surat Al-Waqi`ah sebanyak empatbelas kali dalam sekali waktu. Saya mempraktikannya tiap ba`da shalat asar. Pada masa-masa mengamalkan wirid itu saya mendapat panggilan ceramah di lingkungan tempat tinggal saya. Kemudian datang seorang teman menawarkan ceramah di radio. Menurutnya, ceramah saya menarik dan mudah dicerna. Alangkah baiknya bila syi`ar atau dakwah itu menjangkau masyarakat yang lebih luas lagi, tidak hanya jamaah masjid saja. Dengan alasan syi`ar Islam, saya menerima tawarannya. Dalam satu pekan saya diberi tugas ceramah satu kali dengan waktu sekitar dua jam. Dalam satu bulan saya berceramah empat kali di radio yang disponsori pengusaha tembakau dari Jawa. Dari ceramah di radio itu saya mendapat gaji sebesar Rp 2 juta per bulannya.

Subhanallah, ini memang ketentuan (takdir) Allah. Bila dulu untuk mendapatkan uang Rp 2 juta harus menghabiskan waktu seharian mengajar, bahkan malam pun harus mengajar. Tapi setelah lepas dari pesantren dan mengamalkan pesan guru, uang Rp 2 juta bisa didapatkan dengan empat kali ceramah dengan waktu dua jam tiap pekannya. Saya yakin ini merupakan berkah dari membaca Surat Al-Waqi`ah. Dari pengalaman tersebut saya tidak pernah melepaskan dari membacanya tiap ba`da shalat asar dan kelancaran dalam usaha dan dakwah pun, Alhamdulillah saya rasakan hingga saat ini.

Ya, itulah berkah Al-Quran. Memang bila ditelusuri dalam hadits-hadits, Surat Al-Waqi`ah memiliki beberapa keutamaan dan membawa berkah. Dalam sebuah riwayat, Ubay bin Kaab berkata bahwa Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi`ah, ia akan dicatat tidak tergolong pada orang-orang yang lalai.”

Abdullah bin Mas`ud berkata bahwa Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi`ah, ia tidak akan tertimpa oleh kefakiran selamanya”.

Ulama fikih Imam Ja`far Ash-Shadiq meriwayatkan beberapa hadits seperti “Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi`ah pada malam Jumat, ia akan dicintai oleh Allah, dicintai oleh manusia, tidak melihat kesengsaraan, kefakiran, kebutuhan, dan penyakit dunia”.

Juga dari Imam Muhammad Al-Baqir bin Ali Zainal Abidin bin Husain bin Ali bin Abu Thalib meriwayatkan bahwa Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi`ah sebelum tidur, ia akan berjumpa dengan Allah dalam keadaan wajahnya seperti bulan purnama”.
Demikianlah keutamaan Surat Al-Waqi`ah. Marilah kita biasakan membacanya agar senantiasa mendapatkan keberkahan dan berada dalam naungan Allah Ta`ala.

<<Cerita ini dari Ust.ahmad Alhabsy>> http://www.facebook.com/?ref=home#!/notes/ustad-ahmad-al-habsyi/sepenggal-cerita-berkaitan-dngn-surah-al-waqiah/108040702550529

About these ads

31 responses to “Sepenggal Cerita Tentang Keutamaan Surat al-Waqi’ah

  1. Subhanallah…

  2. amazing!!!!it’s powerful…

  3. Izazah perlu ga

  4. assalam alaikum WW,
    apa surat Alwaqiah harus dibaca bakdo asar,karna saat asar masih dikantor,ga mungkin baca 14 x waktu abis bos bisa marah,nahh bisa diganti bakdo magrib,isak.abis tahajut,trimakasih wasalam alaikum ww

  5. Aslmlkum, saya sangat senang dg yang mau menceri takan pengalaman berkaitan dg ayat2 Al-qur”an yg wajib diimamani agar ada yg mencontohnya, karena masih banyak sekali umat Islam ya mengaku beriman menempuh jalan syirik pada hal dlm Islam tak ada yg kurang semua ada

  6. surat al waqiah eman manjur ,alhamdulillah aku uda mengamalkannya

  7. aslmlkm.mas saya bisa gak seperti mas

  8. terima kasih…saya akam coba mengamalkan yang anda amalkan…insyaallah

  9. sy sdg dlm proses mengamalkan smga kesulitan2 yg sy alami dpt sgra berlalu amiiin

  10. semoga Allah SWT memberi kami hidayah Aamiin

  11. SUBHANALLAH……..

  12. ass…sy mau membndingkn amalan dr guru saya.klau dr guru saya memberitahukn untuk mengamalkan surat waqiyah ini dibaca slesai subuh dan asyar,disimping itu di ayat tertentu msing” dibaca 14x di ayat 32,33,88,89. apkah bnr hrus seperti itu.

  13. betul sekali ane sering dgr tuh banyak orang nyaranin baca surat waqiah br rezekinya lancar!

  14. Ok saya setuju tapi harus ingat juga mengamalkan surat waqiah jangan hanya karena iming2 materi, tpi pernah saya rasakan hingga sekarang alhamdulilah mendapatkan berkahnya!

  15. alhamdulilah sy membaca surat waqiah habis solat asyar memang benar ada keajaiban….terima kasih ya allah….

  16. Ada yg bilang hadis nya doif, mana sih yg bner,, ya allah berikan lah hamba petunjuk ke jalan yg engkao ridoi, amin,,mhn penjelasan nya, Waalaikum salam

  17. Barokallah keiklasan yang akan menuai keberhasilan

  18. membaca Qur’an adalah sebuah kebaikan,walopun dikatakan bahwa hadis2 yg menyatakan anjuran membaca surah Al Waqi’ah tiap malam adalah hadis doif, namun ambil positifnya aja deh, niatkan membaca Al Waqi’ah utk ibadah kepada Allah SWT dan setelahnya berdo’a agar dilancarkan rezekinya. Insya Allah jika dilakukan dengan ber-Khusnus Zhon/berbaik sangka dan penuh keyakinan akan kasih sayang Allah SWT. dan jika berhasil jgn sampai menganggap keberhasilan itu karena surah Al Waqi’ah saja, namun bersyukurlah kepada Allah SWT semata. wallahu a’lam.

  19. Alhamdulillah saya udah mengamalkan hal ini, sejak 3-4 tahun yang lalu, sampai surat Al Waqiah ini hapal banget. Kita baca aja sesering waktu luang kita, bisa sambil nyetir mobil, habis sholat tahajud, sholat wajib, atau mungkin di sela2 waktu di tempat kerja. Banyak hal yang saya dapat, berkahlah…, keuangan, karir, keluarga dll. Semoga bisa istiqomah….

  20. terima kasih , sangat membantu

  21. Assalamu’alaikum..mas dlu wktu aq msih di pesantren sering bngt baca surat al waqiah,tp skrng aq sama se-x tak pernah mengamalkannya lg,apakah dosa bagiQ yg tlh melalaikan membaca surat tersebut? Bagaimana crany agar aq bsa membaca & mengamalkanya sprti dulu lg…jayakumullahukhoiron

    • Waalaikum salam, tidak berdosa karena kita lupa atau tdk sempat lagi membaca surat al waqiah, bukn hnya surat alwaqiah saja sebenarnya, alangkah baiknya jika membaca alquran setiap hari kita sempatkan ditengah2 kesibukan waktu kita, surat alwaqiah hanya salah satu surat yg diajurkan. cara yg paling baik, sempatkan membaca alquran saat stelah solat magib atau isya’ atau ba’da solat shubuh atau saat qiyamullail…

  22. Assllamuallaikum,klu Di amalkan 1* TIAp habis shoat fardhu blh kan..?

  23. alhamdulillah jika anda brhasil mngamalkan surat alwaqiah. memang amalan jika mngamalkn dgn hati ikhlas dan sdh mantab dgn amlnnya hslny jg maksimal. tp m’f pngalaman sy mgkn beda, dgn artikel disini, sy pernah mngamalkan s.alwaqiah 14x tpi hati sy jd gelisah entah knp, akhrnya sy tny ke guru sy.jika kmu mngamalkn amalan tdk sreg sebaiknxa kmu brhenti dan mngamalkn yg lain. akhrnya sy skrg mngurangi amalan alwaqiah dan mmperbyk membaca s.arrahman. trms. wslm

  24. insya allah kita bisa mengamalkannya

  25. aini
    Assalamu alaikum, sy sdh mempraktekkan membaca surat al waqiah setelah sholat dhuha 8 rak,at dan membaca alqur,an sehari 1 juz, alhamdulilah berkah itu datang terus menerus , suami saya yg tadi nya nganggur mendapat pekerjaan dan dlm 1 tahun bisa naik tingkat sampai 4 kali, subhanallah, makasih ustad atas anjurannya membaca 14 kali surat al waqiah setelah azhar.

  26. apa ada doa khusus setelah baca alwaqia

  27. alhamdulillah
    trima kash buat artikelnya ya
    semoga bermanfaat
    jangan lupa kunjungi web dibawah ini juga ya
    http://kiathidupsuksesalayusufmansur.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s