7 Tips Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga

Sahabat Ibarat tanaman, tali pernikahan pun memerlukan pupuk sebagai penyubur hubungan. Mengarungi pernikahan bertahun-tahun tak berarti bebas dari permasalahan dan kejemuan.

Selalu ada kerikil yang membuat langkah Anda dan pasangan terhadang sesekali waktu. Namun, permasalahan yang hadir tak berarti menjadi batu sandungan bagi hubungan Anda. Justru masalah yang hadir bisa menjadi penguji kelanggengan hubungan ke depannya.

Tidak sedikit sahabat-sahabat kita yang lain memiliki masalah rumah tangga yang berakhir kepada perceraian, tentu kita tidak menginginkan hal tersebut terjadi pada kehidupan keluarga kita, mudah-mudahan Allah menjauhkan dari kita Amin, nah sahabat mungkin beberpa tips ini bisa dicoba agar pernikahan kita tetap langgeng sampai akhir hayat Amin.

  1. Saling Menghargai,  Carilah hal-hal menarik, menyenangkan dan menggembirakan Anda berdua. Kemudian lakukanlah bersama-sama sesering mungkin untuk menjaga keharmonisan.
  2. Pupuklah Kesabaran , Masalah kerap menerpa Anda dan pasangan. Jika hal tersebut melanda, berikan pasangan Anda waktu yang cukup untuk menggapai ketenangan dan membuatnya nyaman sementara waktu ketika dirinya sedang dilanda masalah
  3. Memahami Satu Sama Lain , Pelajari bagaimana Anda dapat saling memahami satu sama lain, pahami betul tugas dan kewajiban masing-masing sehingga semua dapat berjalan dengan baik.
  4. Selalu Ucapkan Terima Kasih, Belajarlah untuk mengungkapkan rasa syukur atas hal-hal terkecil yang Anda terima darinya. Utarakan rasa syukur secara singkat namun tulus dari hati terdalam. Ini bisa menjadi penghargaan tertinggi untuknya.
  5. Katakan Cinta, Sesering mungkinlah anda mengatakan cinta pada pasanganya, baik suami kepada istri atau sebaliknya, meskipun keliatanya sederhana ternyata banyak pasangan yang masih sungkan mengatakan hal tersebut kepada pasanganya, padahal kata-kata cinta dapat menambah kemesraan dan keharmonisan rumah tangga.
  6. Buang Jauh Perasaan Negatif, Perbedaan sikap dan pemikiran memang tak dapat terelakkan. Namun seiring dengan perjalanan waktu, perbedaan itulah yang justru memperkuat dan memperdalam cinta Anda. Upayakan untuk selalu mengomunikasikan perasaan Anda tanpa menjadi agresif atau defensif.
  7. Ibadah Bareng, sahabat tips yang terakhir ini juga sangat membantu dalam membentuk keharmonisan rumah tangga, jika kita punya waktu sesekali ajak solat berjama’ah, dirumah bersama-sama, baca al-qur’an bareng dan berdoa bersama-sama, Insya Allah keberkahan akan hadir ditengah-tengah kehidupan rumah tangga. Selamat mencoba semoga bermanfaat.

By:ahmadriyadhmz

Sumber: okezone.com ,Idiva.

About these ads

3 responses to “7 Tips Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga

  1. subhnAllah….. terimakash. smoga ini dapat mmbuat sya brntung ktika mmbangun keluarga untuk SAKINAH, MAWADDAH, WARRAHMAH. amiiiin.

  2. terimakasih atas informasinya

  3. suami saya tdk mau shalat apalagi berdoa,suka judi bola dan minum segelas alkohol katanya untuk kesehatan..saya menikah dgnya krn ingin memabantu dia menjd orang baik..tapi sulit krn saya hrs tinggal terpisah karena pengobatan dan kerja untuk membayar pengobatan.mhn saran

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s