Tips Mudah Menghafal Al-Qur’an

1.      Ikhlas, jadikanlah niat dan tujuanmu menghafal adalah untuk bertaqarrub kepada Allah ta’ala. Waspadalah jangan karena motivasimu kerang ingin mendapatkan kedudukan di tengah manusia, atau mendapatkan penghasilan harta, honor dan penghargaan, karena Allah tidak akan menerimah suatu pengmalan kecuali dengan niat yang murni dan ikhlas.

2.      Jauh dari maksiat dan dosa.

3.      Memamfaatkan kesempatan muda dari usia kecil. Karena anak kecil hatinya masih kosong dan minim dari kesibukan, tapi itu bukan berarti orang yang sudah tua gak bisa menghafal. Cuman lebih afdhalnya dari usia sejak dini.

4.      Memamfaatkan waktu-waktu semangat dan kosong, dan tidak menghafal pada waktu lelah atau ketika pikiran sedang sibuk dengan urusan apa saja, karena bisa menghalangi konsentrasi hafalan. Alangkah baiknya kalau memilih waktu setelah sholat shubuh, itu waktu yang paling bermamfaat bagi yang tidur awal.

5.      Memilih tempat yang tepat untuk menghafal dan muraja’ah yaitu tempat yang jauh dari keramaian, karena hal itu bisa memecah konsentrasi pikiran.

6.      Motivasi yang sesungguhnya dan hasrat yang kuat.

7.      Membatasi mushaf yang satu cetakan. Di utamakan memilih cetakan mushaf khusus untuk mushaf penghafal. Di sarankan jangan sering berganti-ganti mushaf, karena akan menimbulkan terbentuknya berbagai bentuk cetakan dan tulisn itu bisa menghilangkan konsentrasi dan mengacaukan hafalan.

8.      Mengoreksi pengucapan terhadap orang yang ahli dalam ilmu tajwid.

9.      Memahami maknanya. Ini sangat membantu untuk membuat kita mudah mengingatnya dan mudah dalam menghafalnya, dan akan membuat hafalan kita lebih melekat.

10.  Cepat hafal menyebabkan cepat lupa. Sebagian orang2 menghafal dengan membaca potongan dari lembaran2 ayat Al-Qur’an hanya 2 kali atau 3 kali lalu mengira bahwa dia sudah hafal dan pindah ke ayat selanjutnya karena ingin cepat, di sebabkan karena waktu yang sempit atau berlomba dengan temannya atau tekanan ustaznya. Cara ini sebenarnya gak bagus, lebih baik sedikit asal kontinyu dan melekat.

11.  Kontinyu dalam menghafal dan membaca Al-Qur’an.

12.  Menghafal sendiri sedikit mamfaat. Usahakn setiap selesai menghfal satu ayat atau 2 ayat perdengarkan kepada orang lain, bisa kepada istri, kepada saudara, atau teman, tapi lebih baiknya kepada ustadznya.

13.  Teliti terhadap ayat-ayat yang mirip. Alangkah baiknya kalo kamu tulis ayat2 yang serupa dan mirip di sebuah kertas khusus dan menandai tempat atau lembaran2 atau juz2 yang ada kemiripan di dalam Al-Qur’an.

sumber :http://www.ruangmuslim.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s