Tips Jitu Memulai Bisnis

Buat Sahabat Yang ingin memulai bisnis, ini ada beberapa tips yang mungkin membantu sahabat, mudah-mudahan tips ini bermanfaat…

1. Mulailah dari yang Anda senangi. Banyak orang yang berhasil dalam bisnis berawal dari hobi atau minat. Misalnya, ada yang menekuni bisnis rumah makan karena memang mempunyai hobi makan enak. Pasti akan menyenangkan jika melakukan sesuatu yang menjadi hobi. Kita pasti tidak akan cepat bosan dan tidak mudah menyerah.

2. Terjunlah ke bidang yang Anda kuasai. Sebaiknya terjun di bidang yang kita kuasai. Kalau kita menguasai bidang jahit-menjahit, tidak ada salahnya kita terjun dibidang fashion. Coba renungkan, apa yang menjadi bakat atau keahlian Anda.

3. Miliki gagasan bisnis yang baik. Gagasan bisnis Anda harus memiliki fokus yang jelas, konkret, mudah dikerjakan, permodalan tidak terlalu memberatkan, dan segmen pasar jelas. Jangan memulai bisnis yang tidak jelas, kabur, dan rumit.

4. Buatlah bisnis yang unik. Kadang kalau melihat tetangga atau teman sukses dengan bisnis tertentu, orang cenderung ikut-ikutan terjun ke bisnis yang sama. Coba buat bidang bisnis lain  yang unik, yang segmen pasarnya belum disentuh. Atau bisa saja Anda terjun ke pasar yang telah ada, tentu dengan penawaran produk lebih baik dan punya nilai tambah. Nilai tambah dan keunikan bisa menjadi perbedaan besar bagi usaha Anda.

5. Carilah mentor, mitra usaha dan komunitas yang terpecaya.Dalam bisnis, kita sangat memerlukan nasihat dan masukkkan terbaik dari orang yang sudah sukses dalam usahanya. Pengalaman, nasihat, triks, dan cerita suka duka dalam bebbisnib bisa memacu dan menyemangati kita. Pengetahuan manajemen, keuangan, pemasaran dan masalah teknis kita butuhkan dari mereka yang telah memiliki pengalaman terbang. Mentor, kemitraan, komunitas usaha atau asosiasi membuat Anda lebih kuat menghadapi tantangan dan masalah.

6. Mulailah berusaha dengan skala kecil.Jangan percaya kalau memulai dari sesuatu yang besar selalu lebih baik. Usaha yang sehat justru adalah usaha berskala kecil yang kemudian mengembang. Usaha berskala kecil juga jadi guru terbaik sebagai tempat belajar menangani masalah dari yang paling sederhana.

7. Buatlah list kerja atau master planingnya .Setelah kita cocok dengan salah satu jenis usaha, segera buat buat jadwal kerja Anda beserta targetnya. Tempelkan di tempat yang paling sering dilalui sehingga terlihat. Beri tanda dan warna yang menarik perhatian. Jadwal kerja akan menjadi kompas pemandu untuk menjalankan usaha Anda.

8. Selalu evaluasi diri. Secara teratur (seminggu sekali), cobalah bertanya pada diri sendiri, apakah Anda telah melakukan pekerjaan secara maksimal untuk kemajuan usaha? Apakah langkah-langkah Anda sudah benar? Anda harus jujur. Kalau merasa belum maksimal, segera bangkit dan bekerja lebih keras.

9. Yakinlah anda sukses. Yakinlah pada diri sendiri, bahwa Anda akan sukses. Dengan keyakinan seperti ini, semua masalah dan rintangan akan menjadi lebih mudah diselesaikan.

10.  Selalu berpegang kepada DUIT,  alias Doa Usaha Ikhtiar dan Tawakkal, bersihkan hati dari niat-niat yang buruk, berusahalah sekeras mungkin biarlah Allah yang akan menentukan hasil akhirnya.

11. Jangan Takut Gagal, Ingat belajar dari kesalahan dan kegagalan adalah guru bijak yang akan mengantarkan kita kepada kesuksesan sebenarnya. So Mulai lah dari Sekarang..!!

By :ahmadriyadhmz , berbagai sumber

One response to “Tips Jitu Memulai Bisnis

  1. Ping-balik: Tips Memulai Bisnis « bisnismuamalah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s