THE SECRETS OF ALLAH SWT

Ketika waktu telah berjalan, hidup yang terus berputar entah kapan sirna (hanya Allah SWT yan Maha Tahu) , begitu banyak hikmah yang menggulung, meleburkan nasihat yang tak pernah didapatkan dari sekolah manapun. Ada banyak sekali sudut pandang kehidupan ini, Maha Suci Allah yang telah menciptakan segala yang ada di bumi ini begitu luar biasa, manusia dengan sifat, watak, prilaku, kebiasaan, atitude yang berbeda-beda tidak ada yang sama antara satu dengan yang lainya, dan Dia jugalah yang mengalirkan rizki yang tak pernah ada habisnya bagi makhluk-makhluknya termasuk manusia, binatang dan tumbuh-tumbuhan.

Selama hayat saya, tentu tak terhitung lagi anugrah nikmat yang Allah berikan, ada banyak hal yang ingin saya tulis dalam catatan kecil ini, satu hal yang mengundang decak kagum saya adalah pada “RAHASIA ALLAH”. Sungguh sangat menarik sekali dari apa yang terjadi disekeliling dan sekitar saya, dari apa yang say lihat, apa yang saya dengar , apa yang saya rasakan dan apa yang saya baca. Itulah Rahasia-rahasia Allah yang tak pernah terjawab oleh seluruh ummat manusia bahkan dengan teknologi terkini pun.

Mari kita perhatikan dari salah satu Rahasia Allah itu adalah apa yang terjadi pada sikap, kebiasaan, prilaku sampai pada takdir hidup manusia yang sarat berkaitan dengan kebahagian dunia dan akhirat berikut ini :

1.       Ada Manusia yang KAFIR (Menyembah Selain Allah), tapi Allah berikan Kenikmatan Dunia berupa kehidupan yang baik, harta melimpah, semua urusanya lancar dan tak ada satu kesulitanpun dlam kehidupanya, alias mereka Bahagia Dunia.

2. Ada Manusia yang KAFIR (Menyembah Selain Allah), tapi Allah berikan ia Kesulitan Dunia berupa hidup yang sengsara lagi payah,tidak sedikitpun kebahagian yang ia dapatkan dari dunia.

3. Ada Manusia yang ISLAM (Menyembah Allah SWT), namun Tak BERIMAN alias gak pernah sholat, sedekah, apalagi zakat, boro-boro puasa, gak kenal masjid ato musolla paling pas  solat idulfitri, idul adha plus solat jum’at sebulan sekali alias Islam KTP. Tapi Allah berikan ia Kebahagian Dunia, segala yang inginkan ia dapatkan, rumah mewah, mobil mewah pokonya semua kebaikan dunia ia dapatkan.

4.       Ada Manusia yang ISLAM (Menyembah Allah SWT), namun hanya memiliki Setengah Iman Karena imanya yang kadang naik kadang turun, Jarang solat jama’ah, subuhnya sering kesiangan apalagi berjama’ah jarang banget bisa dihitung jari, jama’ah lima waktu kadang2, tahajud, dhuha jarang banget paling Cuma sebulan sekali, ibadahnya biasa2 aja, sedekah kadang-kadang, ikut pengajian paling Cuma seminggu sekali malam jum’at jenis usahanya pun biasa-biasa aja, kalaupun jadi karyawan yang gak punya jabatan, security, satpam, data entry, staff dll. Tapi Allah berikan anugrah yang luar biasa berupa Kebahagian Dunia, punya mobil meskipun diperoleh dengn kredit, punya rumah walaupun biasa-biasa aja, keluarga sehat pokonya Allah berikan kebahagian bagi golongan ini berupa Kenikmatan Duniawi. Namun ada juga manusia yang termasuk dengan golongan ini tapi Allah belum meberikan sesuatu seperti yang dimiliki oleh golongan pertama. Rumahnya masih ngontrak, baru punya motor bebek yang masih kredit juga, kalau anaknya sakit harus kasbon dulu dikantornya, pokoknya hidupnya pas-pasan.

5.       Ada Manusia yang ISLAM (Menyembah Allah SWT),mereka adalah orang-orang khusyu’ taat ibadah, sholat lima waktu selalu dilakukan secara berjama’ah, rajin sedekah, tahajud dan dhuhanya jarang sekali ketinggalan pokonya mereka adalah ahli Ibadah. Dan mereka Allah berikan juga Kenikmatan Dunia, Allah berikan ia harta berupa mobil,rumah secara gratis, dan berbagai fasilitas yang hanya dijumpai di hotel-hotel bintang lima tersedia di rumahnya, punya Pesantren yang uangnya ia dapatkan dari sedekah para dermawan lainya, pokonya hidupnya bagitu lengkap dengan berbagai kenikmatan dan kemudahan yang Allah berikan.

6.       Ada Manusia yang sama ia Beriman kepada Allah, beribadah secara terus menerus, Tahajud, Dhuha, Puasa daud, sholat jama’ah 5 waktu tak pernah ketinggalan, banyak orang yang memanggilnya dengan gelar ustadz..atau Pak Kiayi dll, Namun Hidupnya sangat sederhana jauh dari kemewahan dunia, boro-boro punya mobil apa lagi kendaraan Mercy atau yang paling sederhana Xenia, sama sekali jauh dari hal tersebut. Rumahpun hanya sekedarnya, bahkan is masih sebagai Petani, buruh Pabrik dll.

Entah ada berapa golongan lagi kalau dipetakan, itu adalah orang-orang yang pernah saya lihat, saya dengar, dan saya baca serta saya rasakan, Subhanallah betapa BESAR RAHASIA ALLAH dalam HIDUP kita menentukan KABAHAGIAN, KENIKMATAN DUNIA.

Ada orang KAFIR tapi KAYA ada juga yang MISKIN, ada orang ISLAM jarang ibadah bisa jadi KAYA tapi juga SUSAH /MISKIN, ada juga orang ISLAM yang rajin IBADAH tapi KAYA dan juga SUSAH/ MISKIN. Itulah RAHASIA ALLAH yang tidak pernah tahu kita akan jawabanya, tapi satu hal yang harus kita yakini semua bahwa KEHIDUPAN DUNIA HANYA SEMENTARA Boleh jadi Kekayaan dan Kenikmatan Dunia kita rasakan saat ini tapi belum tentu Kenikmatan AKHIRAT akan kita rasakan, tetapi yang paling merugi sudah SUSAh/MISKIN DUNIA , SUSAH DAN CELAKA DI AKHIRAT Naudzubillah……

Pertanyaan nya adalah ada digolongan manakah kita??????

Semoga menjadi bahan renungan dan muhasabah kita semua Amin..

By :ahmadriyadhmz ( berfikir tentang apa rahasia Allah menjadikan semua golongan-golongan ini…)

2 responses to “THE SECRETS OF ALLAH SWT

  1. Hidup itu pilihan, dan banyak jalan untuk mencapai apa yang diinginkan, man jadda wa jada; siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan terwujud. Dia juga mengabulkan permohonan orang yang memohon padaNya (Al Baqarah 186).

    Semua berlaku dalam semua hal termasuk pula soal keyakinan, sudah jelas jalan yang benar dan yang batil. Tentu saja kita wajib percaya akan takdir karena apa saja yang terjadi sudah di dalam pengetahuan dan kehendakNya.

    Tapi berlindung di balik Takdir juga tidak tepat, apalagi usaha yang kita lakukan masih kurang (ya termasuk doa tadi, sedekah, belajar dll). Kalau ada orang kafir yang kaya raya bukan berarti cara-cara yang dia tempuh juga salah bahkan barangkali lebih tepat & benar ketimbang kita yang “katanya” Muslim, bukankah Rasulullah menyuruh kita belajar sampai ke negeri China? Yang kafir itu hatinya, lahirnya bisa jadi Islami. Saya pernah menemukan Rumah Sakit Islam yang kotor dan pelayanannya amburadul, sementara ada rumah Sakit orang Kristen yang sangat bersih, pelayanan memuaskan dan murah pula. Lantas jika banyak Muslim yang lebih memilih RS Kristen tadi apakah kita persalahkan?

    Banyak yang hatinya membenarkan tapi kelakuannya (budi pekerti) jelek, sebaliknya hatinya menyalahkan tapi kelakuannya bermanfaat. Lalu siapa yang salah? ya kita sendiri. Berhentilah mengotak kotakan manusia berdasarkan simbol-simbol belaka tapi bagilah mereka berdasarkan kemanfaatannya bagi sesama tidak peduli apa keyakinannya. Dan sebaik-baik manfaat adalah budi pekerti (akhlak) yang baik, dan ini sangat luas termasuk membuat sebuah manajemen usaha yang adil atau sekedar mengalihkan paku dari jalanan. Dan sebaik-baik akhlak adalah yang diajarkan para Nabi.

    Dhuha, sholat wajib, tahajud itu bersifat pribadi, menjadikan ini satu2nya cara menggapai kesuksesan duniawi dan akhirat rasanya kok konyol ya sebab doa itu tidak terbatas demikian saja, bukankah bekerja juga adalah doa? Sama hal juga kita tidak bisa menutup mata kemiskinan yang terjadi di negara kita tercinta ini karena cara-cara yang diterapkan penuh dengan kepentingan nafsu. Ada 20% orang miskin di Indonesia, kenapa kita tidak berpikir bahwa yang salah itu yang 80% yang kaya itu. Kalau saja mereka tidak pelit maka yang 20% itu tidak akan ada. Lalu apakah kita akan mengatakan yang 20% itu takdir?

    Lantas di mana rahasia Allah? Sejak diturunkannya wahyu dan para Nabi maka rahasia-rahasia itu tidak ada lagi, itu jika kita berpikir tentang rahasia menuju kebahagiaan dunia dan akhirat, SOP nya sudah JELAS. Wassalam

  2. Terima kasih atas komentarnya sahabat, perlu anda garis bawahi bahwa tak pernah kita pungkiri tentang realitas kehidupan yang ada, ada yang miskin, kaya, bahagia, susah dls, karena itulah sesungguhnya rahasia Allah, jika anda bertanya dimanakah rahasia Allah bertanyalah pada diri anda sendiri tentang betapa besar dan banyaknya Rahasia Allah yang tak bisa anda pikirkan, salah satu yag amat jelas adalah kematian, jodoh, dls merupakan rahasia Allah yang bisa anda lihat saat ini, jika anda menafikan rahasia Allah bisa jadi anda belum benar paham.

    Saya sangat setuju, bahwa ibadah seperti Solat2 Dhuha, Tahajud dls, serta ibadah2 lainya bersifa pribadi dan bukan satu2nya jalan menuju kesuksesan, tapi tanpa itu anda akan pincang, ibarat berjalan dg satu kaki, buan KEKONYOLAN yang sperti anda katakan, terlalu luas cakupan yang anda maksud. Bekerja adalah satu kewajiban yang harus dilakukan karena BagindaRasulullah SAW pun seorang nabi yang pekerja keras, sedikit saya ralat BEKERJA itu bukan DOA, tapi IBADAH, SOLAT = DOA, dalam memaknainya pun anda sedikit keliru maka penafsirannya pun akan berbeda.

    Tidak seharusnya kita mempermasalahkan hal2 tersebut, anda lihat, anda dengar dan anda merasakan sendiri dalam kehidupan anda. Bekerja, beribadah dengan baik maka kesuksesan akan kita dapatkan,Insya Allah..!
    Kun fiddunyaka ka annaka ta’isyu abadan, kun akhirotaka ka annaka tamutu ghodan…

    Wallahu’alam bishowab

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s