Bahayanya Lidah…!

Al-Imam Ghazali pernah berpesan kepada murid-muridnya dalam sebuah majelis, Imam Ghazali berkata:

Wahai murid-muridku ketahuilah bahwa yang paling tajam didunia ini adalah Lidah”

Karena gara-gara lidah banyak terjadinya permusuhan,kebencian, perkelahian bahkan sampai pada pembunuhan..”

Begitulah sekelumit nasihat Imam Ghazali kepada murid-muridnya, tentu saja sebagai nasihat kita semua. Bahkan Imam Ghazali mengarang sebuah kitab yang khusus mengupas masalah Lidah yang berjudul “ Bahaya Lidah”.

Lidah yang tak bertulang ini terkadang tanpa kita sadari ia bisa meracuni diri kita sendiri bahkan orang lain, realita yang ada begitu mudah sekali kita menggunjing orang lain, membeberkan aib orang lain, bahkan aib saudaranya sendiri bahkan menfitnah dengan  keji. Lidah juga mudah sekali mengeluarkan kata-kata yang tidak enak didengar, mengumpat, mencaci maki, marah-marah dll Naudzubillah…

Maka tidak salah jika Imam Ghazali mengumpamakan lidah ini bisa lebih tajam dari pisau bahkan paling tajam. Ada jargon lagi yang menyebutkan “ Mulutmu Harimaumu..!” Dan tidak sedikit juga gara-gara lidah bisa berujung di penjara, bahkan pembunuhan.

Sahabat,mari  jaga lidah kita, jangan sampai gara-gara lidah kita yang bertulang ini menyakiti saudara-saudara kita yang lain, memfitnah dan menggunjingnya dengan membeberkan aibnya kepada khalayak umum.

Bersabda Rasulullah shollallahu ’alaih wa sallam: “Barangsiapa beriman kpd Allah dan Hari Akhir hendaklah bicara yang baik atau diam.” (HR Bukhari-Muslim) Jangan bicarakan keburukan, kejelekan saudara kita, bicaralah yang baik-baik, banyak membaca Al-qur’an, berdzikir, beristighfar memohon ampun kepada Allh SWT atas dosa-dosa yang telah banyak kita lakukan karena dengan begitu akan mendatangkan faedah serta kebaikan dan pahala yang besar bagi diri kita.

Sekelumit catatan kecil ini semoga mengingatkan kita untuk bisa menjaga lidah kita dengan sebaik-baik mungkin. Amin

( Buat sahabat yang ingin menambahkan atau masukan atau apapun pada tulisan ini, silahkan berikan komentarnya disini…trims…) by:ahmadriyadhmz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s