5 Tips Bebas Dari Jeratan Hutang

Akhir-akhir ini sedang heboh berbagai kasus hutang, dan ironisnya gara-gara hutang ada salah satu nasabah banks swasta dianiyaya hingga tewas. Nahsore ini saya akan memberikan 5 Tips Bebas dari Jeratan Hutang , apa aja sih yuk kita ikuti :

1.Sadari pengeluaran
Menggesek kartu kredit memang terasa mudah dan tak perlu usaha sama sekali. Beberapa orang mengakui, saat membayar belanjaan dengan kartu kredit, mereka tak merasa menghamburkan uang seperti ketika membayar dengan uang tunai.

Catatlah setiap pengeluaran dan lakukan analisis: Apa yang jadi pengeluaran terbesar? Makan di restoran? Belanja baju? Kurangi belanja yang tidak perlu.

2. Komitmen untuk berubah
Berbelanja kadang tak banyak menggunakan logika dan alasan. Apalagi bagi orang impulsif yang sulit menahan diri ketika melihat barang yang menarik. Dari itu, Anda harus punya komitmen yang tinggi, serta fokus pada kerusakan yang telah ditimbulkan akibat belanja tanpa perhitungan.

3. Waspadai trik marketing
Banyak bank sebenarnya tak peduli apakah Anda punya uang untuk dibelanjakan atau tidak. Makin lama Anda menunda pembayaran, justru makin banyak untung yang mereka dapat dari bunga kredit Anda. Melepaskan diri sepenuhnya dari pengaruh iklan memang tidak mungkin, tapi waspadalah dan jangan sampai terjebak dalam promosi yang sebenarnya tidak Anda perlukan.

4. Putuskan lingkaran utang

Memiliki terlalu banyak kartu bisa menimbulkan disorganisasi dan menambah utang tanpa terasa. Pilihlah kartu yang mengenakan bunga paling rendah, lalu pindahkan semua tagihan kartu lain ke kartu itu.

Tutup semua rekening yang sudah tidak dipakai dan gunting kartunya. Untuk sementara, hindari berbelanja dan sebisa mungkin gunakan uang Anda untuk mencicil utang. Simpan kartu kredit Anda baik-baik. Beberapa orang menyimpan kartu kreditnya dalam air di freezer agar membeku. Dengan cara ini, Anda akan repot memakai kartu kredit tapi tetap bisa menggunakannya dalam keadaan darurat.

5. Cek kemajuan Anda setiap bulan
Total utang personal seharusnya tidak lebih dari 30 persen dari total pendapatan Anda dalam setahun. Contohnya, jika gaji Anda Rp 3 juta, maka utang Anda tak boleh lebih dari Rp 12 juta.

Catatan dari saya :

  • Jangan sekali-kali ngutang
  • Jangan Pake Kartu Kredit cuma buat gaya-gayan doang.
  • Jangan tergiur dengan pinjaman dari Bank, bisa saja kelak akan “membunuh” kita.
  • Inget Sahabat, hidup kita tidak bisa diperhitungkan, besok, lusa, entah kapan, So’ jangan samapai kita mati meninggalkan tumpukan hutang.
  • Terakhir, jika harus terpaksa menghutang, pikirkan secara matang, diskusikan dengan orang terdekat, rencanakan pengembalianya, dan buat komitmen yang kuat untuk dapat mengembalikan hutang kita. Ok…Semoga Bermanfaat…

Oh.. ya buat sahabat yang punya opini atau tip s yang lain silahkan share disini yah, siapa tahu membawa inspirasi dan manfaat buat sahabat kita yang lain.

sumber : yahoo.co.id, USNews

2 responses to “5 Tips Bebas Dari Jeratan Hutang

  1. selain tips ada yang terlewat yaitu berdo’a.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s